Cara cek saldo BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan - Bookmarkwaymaster.info Info Unik

Sabtu, 15 Februari 2020

Cara cek saldo BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan




BPJS Kesehatan - Sehat itu mahal, sepertinya benar terasa meski kini sudah eranya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dua bulan sudah tarif anyar BPJS Kesehatan diberlakukan, ribuan orang merespons dengan skema turun kelas. Semua pekerja Indonesia baik yang bekerja di dalam negeri maupun di luar negeri, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan diharapkan mempunyai BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi pekerja dari resiko terkait jaminan kecelakaan kerja dan lainnya yang ada dalam BPJS Ketenagakerjaan. BPJS adalah jaminan yang sangat penting sehingga ada baiknya seluruh pekerja Indonesia memilikinya. BPJS Ketenagakerjaan ini ada iuran yang harus dibayar setiap bulan. Sebagian besar perusahaan membayarkan BPJS Ketenagakerjaan pegawainya sebagai pemberi hak, dengan cara memotong dari gaji peserta. Iuran itu akan menjadi saldo dalam BPJS sehingga jumlah saldonya akan bertambah setiap bulannya. Peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat menganggap ini sebagai tabungan. Hasil dari tabungan itu akan dikembalikan kembali kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan seperti halnya sebuah investasi atau tabungan.
Cek saldo yang dapat persela lihat ialah saldo BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua atau biasa disingkat JHT. Ada 3 cara yang dapat digunakan peserta untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. Seperti Anda bisa cek saldo BPJS dengan aplikasi di smartphone, dengan situs online resmi BPJS Ketenagakerjaan, dan mendatangi langsung ke kantor cabang terdekat



  1. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di website
Bagi semua tenaga kerja tidak perlu bingung-bingung mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Soalnya saldo dapat dilihat dengan membuka website BPJS Ketenagakerjaan.
Berikut adalah langkah-langkah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website:
  • Kunjungi situs BPJS Ketenagakerjaan dengan link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs untuk mendaftarkan akun terlebih dahulu
  • Setelah terbuka Anda akan melihat form pendaftaran pengguna yang perlu diisi, ada 2 kolom.
  • Pada kolom segmen, pilih penerima upah (PU), kemudian pada kolom eMail masukkan eMail Anda yang aktif lalu tekan kirim
  • Buka email anda, karena kode verifikasi dari laman BPJS Ketenagakerjaan dikirim melalui email.
  • Salin kode tersebut dan masukkan kode verifikasi pada halaman verifikasi akun, lalu tekan verifikasi
  • Untuk selanjutnya, isi informasi data pengguna dengan memasukkan identitas diri anda dan nomor kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan milik Anda. Setelah informasi data pengguna sudah Anda isi dengan lengkap dan sudah benar kemudian klik kirim.
  • Selanjutnya buka email untuk konfirmasi aktivasi akun dan silahkan ikuti langkah dalam email tersebut. 
  • Setelah registrasi selesai, kembali ke situs yang sama untuk login. Kemudian masukkan alamat dan PIN yang telah Anda daftarkan, lalu pilih login.
  • Setelah login selesai, anda akan menemukan beberapa menu pada layar. Untuk melihat rincian saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda pilih menu Lihat Saldo JHT.
  1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan aplikasi BPJSTKU
Peserta dapat melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi mobile resmi dari BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi tersebut dapat Anda unduh melalui google Play Store maupun App Store.
Berikut adalah langkah-langkah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU:
  • Pertama download terlebih dahulu aplikasi BPJSTKU di Google Play Store untuk pengguna android dan App Store untuk pengguna iOS. Dan install di smartphone Anda.
  • Buka aplikasi BPJS Ketenagakerjaan setelah selesai menginstall. Silahkan Anda login ke akun Anda dengan memasukkan email dan PIN. Jangan lupa gunakan email yang masih aktif dan mengingat PIN yang Anda gunakan.
  • Setelah login berhasil, aka nada beberapa pilihan menu di dalam aplikasi BPJSTKU. Untuk melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda pil menu ‘Lihat Saldo’.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda